11:09 PM, Posted by Ahmad Nabawie, 4 Comments

3 Hari di Dumyat (رحلتــــــــــنا الى دمياط)


Aduh aduh...sebenernya kesian juga lihat Blog ini, dibiarin gersang kayak gak ada penghuni, mana rumput dan lalang bertambah panjang lagi.. (lebay dech... :D) tapi bener, siapaun yang lihat blog ini pasti pilu hatinya kan?? iya kan?? harus iya.. jangan nggak!!! nah... maka dari itu bahwasannya apabila umpama misalnya andaikata sekiranya (terlalu belit-belit woy..!!!) (.oO iya iya iya...gak buat lagi!)... makanya ane mau ngisi tulisan lagi, supaya nggak gersang-gersang amat.



Perjalanan kami kali ini tertuju ke sebuah daerah yang bernama Dumyath (ind) )دمياط (ar) Damiete/Dumyat (eng) yang masih termasuk provinsi bagian utara Mesir dan langsung berbatasan dengan Mediteranian Sea (Laut Tengah).

Perjalanan yang memakan waktu 4 jam perjalanan ini sempat membuat kami kecapean, ada yang ketiduran dan ada yang kipas-kipas kepanasan, bahkan ada juga yang ngaji. yang anehnya nggak ada satu orangpun yang menikmati indahnya suasana pemandangan selama perjalanan (ya eya lah.. secara kiri kana gurun pasir gitu loh.. apa yang mau dilihat?). Di suhu yang dikategorikan subhanallah itu nggak pelak dari kami yang mandi keringat, belum lagi ada seorang arab yang agak sok kerenan gitu.. adesss cape deh.. asyik banggain Mesir aja kerjanya, tapi kayak pandang rendah bangsa lain.. huehue, asli buat suasana agak lebih memanas, andai aja nih dia bukan hafiz 30 juz, pasti dah terbakar tuh mobil...! (Dosa woy gosipin orang!) (.oO Iya..iya.. Gak buat lagi kok..hehe)

Ya udah nggak usah bahas lagi deh yang itu.. kita lanjut aja ya.. sampe mana tadi??? (sampe ngegosip wak.. huahaha)...

Ya.. yang seru dari perjalanan kita tuh..disituasi panas dalam mobil sempat ngomong-ngomong kecil ama Sopirnya tentang banyak hal, sampai yang terakhir nyinggung masalah Qur'an, eh.. tau nggak? ane dapet jatah disuruh ngaji ama sopirnya... langsung aja tanpa panjang kalam ane hajar ngaji disitu...(ya Rabb.. makasih udah suksesin hambamu waktu ngaji itu..) pokoknya makin seru lagi waktu temen-temen pada bawa Ibtihalat andalan mereka "Miladu Thaha". Yang namanya andalan, pasti dah ditepak hasilnya, kueeerrren abiess dech...

Hehe, 4 jam kami dalam mobil, lecek, kumel, lengket, ngenyek, teler dan lain sebagainya menyelimuti kami, dan akhirnya tiba di satu daerah yang bernama New Damiete (Dumyat Gadidah/ Dumyath Baru) Kampung yang termuda dikelasnya dan di daerahnya (katanya sih). Langsung kita disambut ama temen/ adekan kami yang berdomisili disitu, Mizie namanya. (Oh... lupa bilang, kami sengaja datang kesitu sebab dia yang invite hehe). Malam itu sebenarnya ane pengen banget bisa langsung ke laut, cuma Mizie bilang, besok aja, ane bilang lagi kalo ane ngebet ketemu air asin, Mizi jawab lagi besok aja, malam ini udah kecapean terakhir dengan berat hati, paksa deh menerima keadaan, musyawarah memutuskan besok baru mengadakan perjalanan ke laut. Ssst.. sebenernya bukan ane aja yang kecewa nggak jalan malam tuh, ada temen yang inisialnya TFQ juga ane yakin kecewa juga, hehe. Gak apa-apa dech..ada kawan kecewa!

[Keesokan harinya]
Woy... kelian mau kemana niy? tanya Mizie. Secara mendadak kita membuat musyawarah untuk mencapai mufakat agar mendapatkan hasil yang begitu maksimal dan tiada pernah tersesalkan akannya dihari tua (hualah....) ya, hasilnya, kita mutusin untuk pergi "Mancing". Mancing???? gak salah niat neh?? panas-panas gini?? tapi ya gitu deh, semua sepakat kita mancing ke muara sungai Nil yang dikenal dengan nama Ra's al barr, ini bhs arabnya ---> رأس البرّ.

Nah Pemirsa, gak nyangka, ternyata disana kami gak dapet ikan melainkan ikan GP alias Gabus Pasir yang membuat temen-temen pada kegirangan waktu dapetinnya (cuapek deh Faiq, Habib...bo' mancing tuh dapetin kakap atau sembilang lah paling kurang...) tapi ghak apa apa lah, yang penting hari itu semua senang.

Eitzzz ampir lupa hal penting dari Ra's al barr! Kamu semua pada kenal Nabi Khaidir kan? Nabi Musa masih ingat kan? nah, disini nih ceritanya antara Nabi Khaidir (Seorang yang Shalih) dengan Nabi Musa terjadi, tempat ini menjadi saksi bisu perjalanan kedua manusia pilihan tersebut. Nabi Musa meminta untuk mengangkat dirinya menjadi murid Nabi Khaidir dan Nabi Khaidir menerima Nabi Musa dengan bersyarat, yaitu agar ia (Nabi Musa) tidak bertanya tentang apa yang akan dibuatnya sehingga beliau sendiri yang menceritakan perihalnya, dan Nabi Khaidir mengatakan, beliau tidak akan berhenti sampai batas perjumpaan dua buah laut (untuk cerita lebih lanjut, baca kisah Nabi Khaidir dan Nabi Musa). Nah.. disini nih letaknya pertemuan dua buah laut itu... terus... ada juga surah di Qur'an tepatnya Surah Ar-Rahman mengatakan مرج البحرين يلتقيان (marajal bahraini yaltaqiyani) nah disini ini tempatnya pertemuan dua buah laut itu.. dan ada juga yang mengatakan disini juga tempatnya 'azbun furat wa milhun ujaj, artinya sebelah airnya rasa asin sebelah lagi tawar.. (tapi baru dengernya ketika dah balik ke Cairo, jadinya gak sempet nyicipin airnya deh...).

Terus, begitulah hari hari kami di Dumyat, mancing, mandi-mandi di laut, dan yang paling seru.... nyari kerang.... haha, gak kebayang ah bisa dapet kerang ampir satu tas setelah bahu-membahu akhirnya berhasil juga ngumpulinnya... dan malamnya.................. PESTA KERANG REBUS DECH.......hehehe udah ach.. lihat aja deh foto perjalanan kami ya...


Suasana makan kerang hasil tangkapan

Perjalanan pulang dari laut (disiksa ama mizi)

(Kota Dumyath Jadidah loh..)

Mesjid Dumyath Jadidah

Mampang bentar abis mandi!

My Prend Taufiq Ritonga

Ainul - Ane - Faiq

Habib - Faiq - Ane

My Prend Faiq

Ainul ngapain Nul?

Suasana pantai Dumyath Gadidah

Kerjaan Habib (keh keh keh...)

Kerang hasil sementara

Pose di nama masing²

Fosil nama-nama manusia purba

Ini dia panglima²nya, puanas boo...

lompat² Ombak datang....

Duyung² terkapar

Manusia tak takut dosa..keh keh keh!

Khuzyuk banget...

Hasil tangkapan Baskom 1st

Asmaa, waaa manisnya anak ini...

2 jam bersama Mizie

Ngapain pak?

Tempat nongkrong nunggu temen mancing

Itu disitu itu.. coba lihat.. lekass!! apa tu?!

Kok jadi kayak patung G30S-PKI ya? aneh!

ini suasana Pantai Marajal Bahrain nya

Foto sifat pemalas ya kayak gini (kepanasan)

Famplet Marajal Bahraini Yaltaqiyan

Tugu Marajal Bahrain (jelilr lidah tu untuk apa?)

Bisa masuk klip Nancy nih, Ana Masry Wa
Buya Masry (hehehe)

Kehabisan duit, paksa ngemis deh..

siapa tuh ya??

amin.. pain ente?

che ilee.....

Kemana arah anginnya ya..

aduh lagi² sikap pemalas

Tuh lampu ampe ke tengah

Ready for Fishing

Dari pada nungguin ikan mending fotoan

joran bakar ya Iq?

Bujang Lapok jual tampang

keren juga nih Phose nya

Tuh kan, nabrak pohon kurma....

Jalan santai gaya bebek

Hot-hot-happy

Cari tempat teduh dulu ach...

Ini dia Basecamp mancing kita...

tuh foto muara Sungai Nil

Keren khan Nil, Sungai nil airnya biru
Tapi sayang ikan tiada.. hehhehe

4 Comments

Anonymous @ July 12, 2009 at 12:55 AM

Subhanallah.., indah sekali ciptaanMu ya Allah...
warna airnya yang biru menandakan kesucianMu ya Robb.. kerang-kerang yang hidup di laut menggambarkan hanya Kau yang maha Besar.... berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang tumbuh dengan suburnya menandakan KekuasaanMu ya Robb...
"maka nikmat apa lagi yang kamu dustakan..?"

abang.., foto2nya kocak abisss.... jadi iri adek.. pengen juga kayak kalian menikmati indahnya ciptaan Allah di laut yang begitu bersih....^_^

Ahmad Nabawie @ July 12, 2009 at 1:03 AM

yaa Rabb.. insya allah dek... disana juga banyak yang menarik dan bisa dibuat bahan renungan.. :)

Unknown @ July 12, 2009 at 3:51 AM

hm..bestnya dpt melihat sesuatu yg indah...sbb tu la abg rijal ajak akak ke sana...haha

byk tempat sejarah islam berdekatan...eeei, jeles tgk awi ke sana..

xpe...selagi ada hayat awi.selagi blm tiba di bumi indonesia..teruskan usaha menjelajahmu itu

hm, terasa blog awi ni dh lama menyepi..tiba2 hidup dgn post ni..haha..

Ahmad Nabawie @ July 12, 2009 at 4:14 PM

iya kakak... :) insya allah akan diisi lagi... :D hehehe dan makasih atas comment nya kakak.. :)